Pasar Ikan Higienis Yogyakarta adalah bangunan kedua yang saya hitung strukturnya. Bangunan ini juga biasa saja, baerupa bangunan beton dan dinding pasangan batu satu lantai. Atapnya menggunakan rangka baja dari pipa. Yang cukup menantang secara struktural adalah menara tandon air yang menampung sekitar 20 mete kubik air pada ketinggian sekitar 15 meter. Pasar ikan ini dibangun pada tahun 2004.

 

http://3.bp.blogspot.com/_RGdko3ra5uk/TLBowyPwMaI/AAAAAAAAAA8/r5n7Z9_P0Z4/s1600/pasar_ikan_higienies03.jpg

Pada masa pelaksanaanya, ada kekeliaruan dari drafter yang menggambar fondasi telapak menara terbuat dari pasangan batu kali. Padahal seharusnya pasangan batu kali adalah fondasi sumuran bertulang (caisson), lalu di atasnya ada blok massa beton bertulang setebal sekitar 70 cm sebagai perata beban menara dan sekaligus memberikan massa yang cukup besar di bawah menara. Akhirnya pada masa pelaksanaan disepakati perbaikan gambar dan kontrkator membangun menara airnya sesuai yang dengan yang saya rencanakan.

Sehari setelah gempa Jogja di tahun 2006, saya juga sempatkan untuk menengok bangunan ini. Meskipun hanya melihat dari luar pagar, saya lega karena menara penampung air masih berdiri dengan kokoh. Seperti sudah diketahui, menara dengan massa di atas adalah struktur yang riskan mengalami kerusakan pada saat terjadi gempa.

Bagi perencana struktur pemula, perhitungan struktur menara air benar-benar membaut saya harus berpikir keras. Untuk meyakinkan bahwa hitungan saya bisa diterima, saya harus berkeliling melihat-lihat struktur menara air yang ada di sekitar Jogja, dan menara air dengan volume tampungan dan ketinggian yang mirip akan saya jadikan acuan. Ya biar jadi pembanding, karean belum berpengalaman. Setelah dibanding-bandingkan, terutama dimensi kolomnya, saya cukup yakin hitungan saya cukup aman.

Semoga bangunan Psar Ikan tersebut bisa berdiri dan berfungsi dengan baik pada waktu yang lama. Amiin.